Thursday, October 22, 2009

Sebaiknya kita Tahu - Istilah2 Para Pemain Ponsel Baik Java maupun symbian

Posted by Nan-Yang on Thursday, October 22, 2009

Sebaiknya kita Tahu - Istilah2 Para Pemain Ponsel Baik Java maupun symbian

Punya pOnsel kadang bikin pusing juga, mau tanya orang lain takut nggak nyambung, Mau utak atik sendiri takut efek ke ponsel, jadi harus gimana donk !!

Oke dech ... biar bisa nyambung kalo tanya-tanya orang lain dan nggak salah salah pencet waktu utak-atik ponsel maka kita perlu tahu istilah-istilah ponsel, disini saya hanya menuliskan istilah ponsel yang sering dipakai aja yah dan saya menggunakan bahasa dan pengertian dari saya sendiri, jadi harap maklum jika belepotan hehehe.

Format = istilah ini biasanya untuk membersihkan data baik MMC dan POnsel, Ati-ati dalam penggunaannya karena data-data penting kita baik di MMc dan Ponsel bisa hilang tanpa Bekas.

Install = Istilah Install biasanya sering disalah artikan dengan format, sebenarnya install ini istilahnya adalah pemasangan aplikasi baru kedalam ponsel.

GPRS = Ini adalah bentuk koneksi ke dunia online melalui Ponsel, GPRS ini adalah koneksi Internet paling jadul jika dibanding EDGE dan 3G.

EDGE = Ini juga adalah bentuk koneksi ke Internet melalui ponsel bisa dikatakannya Adiknya GPRS, kecepatannya lebih kenceng dibanding GPRS.

3G = Ini juga idem dengan istilah diatas kecepatannya sudah sangat tinggi, dengan koneksi 3G ini kita juga sudah bisa melakukan panggilan video - Videol Call.

3,5G = Idem juga dengan Abang-abang diatas, Kecepatan 3,5G ini 7 Kali lebih cepat dibanding 3G, wow !!

Video Call = Fasilitas yang sudah ditanamkan ke ponsel, banyak yang salah mengartikan Koneksi 3G itu Videol Call, padahal 3G itu hanya koneksi, dan jika ingin melakukan pembicaraan tatap Muka, POnsel tersebut harus mempunyai Fasilitas Video CAll.

Situs,Blog or Web = Halaman-halaman yang berisikan informasi, data dan gambar yang dibuat oleh seseorang kemudian di taruh di Dunia Online untuk diakses.

TV Tuner = biasanya digunakan untuk POnsel TV, Tv Tuner ini adalah semacaam Alat yang ditanamkan kedalam ponsel agar supaya bisa menerima Siaran TV.

Multi-Tasking = Pernah ngalami kasus denger music sambil SMs ?? atau sambil chating main game ?? Multi-Tasking adalah Istilah untuk ponsel yang bisa membuka bermacam-macam aplikasi sekaligus, biasanya hanya ponsel symbian yang menganut Multi-Tasking ini, Ponsel Java ada juga sih tetapi lebih dominan Symbian.

Symbian = Sistem Operasi Ponsel, Istilahnya adalah semacam perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan ponsel, contohnya Komputer dengan sistem windows.

Java = Kurang Lebih sama artinya dengan istilah Symbian, hanya kemampuan sistem ini lebih simple dibanding symbian dan lebih terbatas dibanding symbian.

Windows Mobile = Idem dengan symbian dan Java, Windows Mobile ini adalah system windows mini yang diperkhususkan untuk alat eletronik canggih, jika Windows adalah versi besarnya yang sekarang kita pakai ini untuk selancar di Internet :)

Upgrade Versi atau Flashing = Melakukan peningkatan software dari seri yang lama ke seri yang lebih baru, biasanya ini dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli, jika salah sedikit saja ponsel kamu bisa Tinggal Kenangan :)

Kompresi Data = Biasanya dilakukan untuk file Music maupun Video, Fungsinya adalah mengecilkan File-file tersebut agar bisa dibaca dan dapat ditampung lebih banyak kedalam Memory Card.

Browsing = Istilah gampangnya Main Main di Internet cari-cari Informasi atau baca email.

Chatting = istilah gampangnya Ketemuan di ponsel, sama seperti SMS-an tapi ini lebih irit karena menggunakan koneksi GPRS, dan keduanya harus ONLINE dulu.

Facebook = Ini sih nggak usah dikasih tahu juga udah tahu yach ?? Situs Pertemanan yang lagi Booming.

Hang = Kalo di artikan pakai bahasa Inggris artinya sih Macet - Tidak Bergerak, jadi kalo ada yang ngomong "Ponsel gue Sering hang nih" berarti system ponselnya sering diam sendiri atau macet.

Restart = Jika saya artikan sih Nyalakan Kembali, atau Matikan pOnsel dan hidupkan lagi.
kalo untuk kasus ponsel, biasanya Restart terjadi karena system yang ditanam ke dalam ponsel tidak cocok dengan mesin yang ada, bisa juga karena adanya kerusakan dalam system tersebut.

Bugs = Error kecil yang biasanya terjadi baik di system ponsel maupun di system komputer.

Mungkin istilah-istilah diatas bisa membuat kamu tambah pede, hehehehe dan Mudah-mudahan tulisan saya diatas bisa di mengerti dan bermanfaat

Regrads
Nan-Yang

Previous
« Prev Post