Thursday, November 19, 2009

Agar Baterai Ponsel Awet dan Tidak Cepat Rusak

Posted by Nan-Yang on Thursday, November 19, 2009

Agar Baterai Ponsel Awet dan Tidak Cepat Rusak

Alow semua, satu lagi artikel ringan dari saya yaitu mengenai kenapa sih baterai ponsel kita cepat banget rusaknya ?? kadang malahan baterainya pake acara bengkak segala.

Udah diganti yang baru dan orisinil juga ujung-ujungnya baterai akan gembung juga dan rusak.
Sebenarnya sih begini lho ... Baterai itu ada masa hidupnya, masa hidup baterai tergantung dari berapa kali kita meng-charger ponsel kita, jadi makin banyak kamu meng-charger ponsel maka masa hidup baterai juga makin pendek.

Sering sekali saya melihat kondisi baterai para konsumen kami bengkak dan cepat banget drop alias soak a.k.a rusak hehehehe, dan Sering saya tanya langsung ke konsumen "Cas Hp-nya sering ditinggal tidur yach pak/bu/Mbak/Mas ??" dan jawabannya yang sering saya dapet adalah "Ya".

Nah dari sana saja kita sudah bisa mengambil kesimpulan, bahwa dengan meng-charger ponsel melewati batas waktu charger adalah tidak baik, jika masih berefek ke baterai sih nggak masalah, takutnya masalah ponsel kita yang jadi sasaran.

Disini saya akan memberikan sedikit tips agar baterai ponsel lebih awet.

1. Cas-lah Baterai kamu jika ponsel sudah memberikan peringatan "Baterai Lemah/Low Bateray" atau tinggal sisa 1 bar, kenapa ?? karena masa hidup tergantung dari berapa kali kamu meng-charger ponsel kamu, dengan cara ini diharapkan dapat membuat masa hidup baterai lebih tahan lama.

2. Selalu perhatikan proses pengecasan baterai, apabila baterai ponsel sudah terisi penuh maka cabutlah ponsel dari charger, jangan biarkan proses pengecasan terus menerus hingga menyebabkan Baterai bengkak a.k.a soak.

3. Apabila di pertengahan proses pengecasan tiba-tiba lampu padam, maka cabut segera ponsel kamu dan pakailah ponsel kamu seperti biasa, ini untuk menghindari keluar masuknya listrik ke ponsel secara berulang-ulang yang dapat mengakibatkan ponsel maupun baterai menjadi rusak.

4. Jangan memaksa untuk menyalakan ponsel, apabila baterai sudah benar-benar kosong, karena apabila baterai kosong dipaksa untuk menyalakan ponsel maka beban baterai akan menjadi 2 kali lipat, dan akan ber-efek pada baterai.

5. Jangan pernah menggunakan Charger Penjepit untuk baterai kamu apabila tidak benar-benar sangat tidak diperlukan, karena charger penjepit menurut saya tidak mengalirkan listrik secara stabil.

6. Proses copot mencopot baterai juga menurut saya bisa membuat ponsel dan baterai menjadi lebih berkurang masa hidupnya.

7. Sewaktu proses pengecasan, usahakan ponsel tidak melakukan aktivitas seperti call yang lama, sms, main game atau Mendengar MP3, karena ini akan memberikan beban juga kepada Baterai.

Oke mungkin itu saja tips dari saya agar beterai ponsel kamu lebih awet, semoga tips ringan diatas bisa dapat memberikan manfaat bagi kamu, sebel juga khan lagi asik-asiknya chating, ehhh ada peringatan "Baterai Lemah" cape khan ??

Regrads
Nan-Yang

Previous
« Prev Post