Thursday, November 10, 2011

Manfaat Berenang Untuk Anak - Bayi !!

Posted by Nan-Yang on Thursday, November 10, 2011


Manfaat Berenang Untuk Anak - Bayi !!

Berenang Bayi
Alow Ayah dan Bunda, pernah dengar Kolam Spa Bayi ? Kolam Spa Bayi biasa digunakan buat bayi belajar berenang. Mungkin bagi sebagian dari Orangtua masih bingung atau ragu untuk mengajarkan anaknya berenang. coba Baca Sedikit Artikel dibawah ini untuk membuang Keraguan tersebut.

Berenang banyak Manfaatnya bukan hanya untuk Orang Dewasa tapi bayi juga bisa, ada baiknya kita sebagai orang tua lebih cepat mengenalkan air ke anak-anak kita agak kelak dewasa tidak lagi mempunyai rasa takut terhadap olahraga air.

Sebenarnya bayi sudah bisa diajak berenang sejak umur 6 bulan tak lain karena di usia ini umumnya bayi sudah bisa duduk tegak sendiri dan relatif kuat menyangga tubuhnya sendiri pada saat berdiri. 

Adapun efek dari Olahraga Air ini membantu pertumbuhan otot si kecil, dan tentu saja olahraga juga mengingkatkan daya tahan tubuh. Mengasah kemandirian, keberanian, dan percaya diri dengan berenang bersama-sama di kolam akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan meningkatkan kemampuannya beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang. dan katanya Berenang bisa membuat IQ anak jadi lebih tinggi.

Tentu saja proses belajar renang harus disesuaikan dengan perkembangan fisik, dan kemauan dari bayi anda. Peran orang tua dalam pembelajaran renang sangatlah penting karena bayi merasa aman jika berada di dekat orang tuanya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membawa anak-anak ke tempat berenang umum : 
  • Jangan Langsung paksakan ke tempat yang dalam, tetapi lakukan latihan secara bertahap sesuai dengan umur dan keberanian bayi terhadap air.
  • Perhatikan juga kondisi kolam renang seperti kebersihan, kejernihan, lantai kolam, suhu, arah sinar matahari, angin yang mempengaruhi ombak, dan jumlah orang yang berenang,
  • Penting - Carilah kolam renang yang memiliki tempat mandi khusus untuk si kecil (air hangat, tidak berangin).
  • Gunakan pelampung bayi seperti Neck Ring, yang sesuai dengan ukurannya, dan kondisi tekanan angin sudah aman.
  • Jangan pernah membenamkan kepala bayi ke dalam air.
  • Tetap awasi, dan pastikan bayi anda berada dalam jangkauan anda.
  • Jadilah pelatih pribadi si kecil, dan terutama pada saat-saat awal.
  • Jika tangan bayi anda sudah berubah warna menjadi putih, dan keriput; itu adalah saat dimana dia harus sudah selesai berenang (sekitar 15-20 menit, tergantung suhu air & udara).
  • Jangan lupa bawa minyak telon, baju yang hangat / jaket, dan kaos kaki.
  • Siapkan keperluan lain setelah berenang seperti susu hangat kesukaan si kecil, makanan/ bubur hangat.


(Sumber http://www.mysweetrooms.com)

Regards




KOLAM RENANG - SPA BAYI ??





Previous
« Prev Post