Friday, August 07, 2009

Profile Mbah Surip - From Zero to Hero

Posted by Nan-Yang on Friday, August 07, 2009

In Memorial Mbah Surip (1949 – 2009)

From Zero To Hero, Itu lah yang bisa kita lihat dari almarhum Mbah Surip, dari yang tidak punya apa-apa menjadi Fenomenal. Lagu-2 nya sekarang banyak di cari penggemarnya adri anak-2 samai orang tua.

Mbah Surip dilahirkan pada tanggal 5 Mei 1949 di Mojokerto Jawa Timur. Nama Asli Mbah Surip adalah Urip Ariyanto. Mbah Surip berstatus duda dengan empat anak dan sekaligus juga sebagai kakek dengan empat cucu.

Menurut pengakuannya Mbah Surip termasuk orang yang senang sekolah, Mbah Surip memiliki ijazah SMP, ST, SMEA, STM, Drs. sama insinyur dan MBA.

Mbah Surip pernah merasakan pengalaman bekerja di bidang pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain-lain bahkan pernah bekerja di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania dan California, dan lagu Tak Gendong diciptakan oleh Mbah Surip sewaktu masih bekerja di pengeboran minyak di Amerika.

Dalam perjalanan musiknya Mbah Surip telah mengeluarkan beberapa album musik. Album rekamannya dimulai dari tahun 1997 diantaranya, Ijo Royo-royo (1997), Indonesia I (1998), Reformasi (1998), Tak Gendong (2003) dan barang Baru (2004).

Menurut Mbah Surip Filosofi dari lagu Tak Gendong ini yaitu Belajar salah, yang digendong ya siapa saja, entah baik, galak, nakal, atau jahat. Seperti bus, nggak peduli penumpangnya, entah itu copet, gelandangan, pekerja, ya siapa saja.

Sebab, menggendong itu belajar salah. Dengan bahasa yg sedikit ngawur atau bisa dibilang asal-asalan ternyata lagu Tak Gendong Meledak pada tahun 2009, dan dinyatakan sebagai RGT (Ring Back Tone) terfavorit atau yang paling banyak di download.

Dari Keterangn Dokter bahwa Gejala kematian Mbah Surip adalah dari Penyakit jantung yang diderita oleh Almarhum.

Ciri Khas Mbah Surip : "Manusia Indonesia Sejati" yang tidak pernah merasa susah, tidak pernah gelisah, tidak pernah sedih dan selalu tertawa, meskipun seringkali di ledek orang Mbah Surip tetap saja tertawa tidak pernah dendam, atau membalas ledekan tersebut. Menyanyi dengan sangat relax dan nyanyi "ngalor-ngidul" dengan gaya-nya yang khas, kocak, gila, dan bebas ekspresi.

Lirik Lagu Tak Gendong

Tak gendong kemana-mana 3x
Mantep dong enak dong
Daripada naik pesawat kedinginan
Mendingan tak gendong ayooooooo
Tak gendong kemana -mana3x
Mantep dong enak dong
dari pada naik taksi kesasar
mendingan tak gendong
wear aryou doing
oke iam hoking


Previous
« Prev Post